Tuesday, June 02, 2009

Ini bukan soal cinta

Setelah lumayan lama ga nulis, tiba2 pagi ini banyak kata-kata berseliweran di pikiran gw membentuk sebuah kalimat, seru!
Ide yang sebenernya muncul sesaat setelah temen gw, jam 3.30 dini hari tadi, knocking my room and saying good bye, coz she has to demobilized today… dan gw menangis melepas kepergiannya hiks

Tulisan gw kali ini bukan soal cinta. Lebih penting atau ga dari cinta tergantung dari sudut mana kita menyikapinya. Cieee… :p

Well, gw terlempar pada suatu waktu saat gw mau berangkat menuju Papua, diantara bimbang dan ragu, bisa ga gw brangkat, one of my very best friend said that : Ra, Cuma orang kerdil yang ga berani keluar dari zona nyamanya. Disana lah lo akan dapat banyak hal, bukan Cuma materi tapi juga pembelajaran soal hidup.

So kah, sesulit itu kah hidup dan seberat itukah hidup, ga cukupkah pengalaman yang udah gw dapet selama ini? Selama hampir 30 tahun umur gw? Blm cukup kah?
Ternyata memang belum cukup.. lebih tepatnya ga pernah cukup..

Jangan anggap tulisan ini sebagai bentuk “pameran” gw akan apa yang gw jalanin disini, atau “pameran” akan “kehebatan” gw .. bukan.. big No No.. anggap ajah ini sebuah cerita dari seorang teman yang “butuh” tempat untuk bercerita dan kalian yang “terpilih” untuk mendengarkan cerita gw..

Setelah 6 bulan disini, apa yang mau gw ceritakan bukan lagi bagaimana suasana disini, rules of the gamenya, alamnya, pemandangannya, love affairnya (uhmm.. meski ini selalu menarik untuk dibahas) tapi apa yang gw dapet selama berbulan-bulan disini..
Gw harap, tanpa harus kalian “berada” di tempat gw berdiri sekarang, kalian bisa ngedapetin “rasa” yang gw dapet disini.. semoga.. karena kalo ga gitu berarti gw gagal. Gagal bercerita, gagal berkisah, gagal berkomunikasi dan yang lebih penting gagal merasa .. jangan dunk yahhh…

Banyak hal yang gw jadikan pembelajaran selama tinggal disini.. jadi hal baru buat gw tapi mungkin tidak buat temen2 gw yang lain, atau buat kalian yang baca ini ..

Selama disini, I have to learn how to apply “love and hate collide” live in harmony
Dan ternyata itu susahnya luar biasa… jangan ditanya berapa kali gw gagal.. karena jawabannya adalah acap kali gw gagal..

Tinggal dan kerja di satu tempat yang sama, membuat benturan2 emosi kadang tidak bisa terelakan dan di redam, kondisi yang monoton, kejenuhan tingkat tinggi kadang membuat siapapun orangnya bisa dengan mudah out of control.
Kalo pernikahan hanya dua orang yang terlibat di dalamnya secara aktif, nah ini bisa 5-6 orang yang terlibat di dalamnya, bisa dibayangkan bagaimana menjaga hati dan pikiran bisa selaras dengan perbuatan. Ga gampang..

Tapi diluar masalah yang ada, di luar pertengkaran yang tercipta, diluar ketidakenakan yang ada, bahwa ada mutiara didalamnya.. ada persahabatan di dalamnya… J well iya lah, ibarat lempengan besi sebelum jadi hasil karya seni yang indah harus melalui proses penempaan yang sakit, sulit dan ga mudah kan

Dan dari “tempat” ini juga gw tau bahwa tingkat kedewasaan seseorang tidak di liat dari umurnya, dan biarkan orang lain yang menilai apakah kita disebut pribadi yang dewasa, belajar dewasa atau pura2 dewasa. Oh c’mon don’t be so naïve, orang yang berteriak2 bahwa dia itu dewasa, justru dialah yang belum dewasa

Setiap pribadi adalah unique.. oleh sebab itu kita tidak bisa menyamaratakan perasaan kita dengan orang lain, belajar bagaimana berempati, bersimpati dengan orang lain adalah mutlak meski ga pernah mudah.
Setiap orang ingin dihargai, ingin diakui.. ketika mengakui dan menghargai keberadaan orang lain secara ga langsung kita juga menghargai diri kita sendiri..

Berani memaafkan orang lain, dan berani mengakui kesalahan adalah kunci dari sebuah hubungan pertemanan yang awet.. Piuh,, teorinya sih begitu yah, tapi aplikasinya eheheheh.. susyaaah

What past is past.. bahwa mengungkit2 kesalahan orang lain, mencari2 kesalahan orang lain itu menyakitkan loh … buat yang di ungkit2, buat yang ungkit2, buat sekitarnya.. sama nyakitinnya..

Well itu beberapa hal yang gw dapetin selama disini.. yang gw alamin sendiri, yang gw liat, yang gw perhatiin, tapi masih belum bisa gw aplikasikan secara sempurna
.. semoga..

No comments:

Post a Comment